Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Kejujuran dan Integritas

Kejujuran dan Integritas

12 tahun yang lalu seorang wanita dari Asia datang ke Prancis untuk kuliah di salah satu Universitas terkenal di Paris. Dia memang cerdas bahasa Perancis dan Inggris nya pun sangat baik sehingga lulus seleksi.

Bikinseru | Kejujuran dan Integritas. 12 tahun yang lalu seorang wanita dari Asia datang ke Prancis untuk kuliah di salah satu Universitas terkenal di Paris. Dia memang cerdas bahasa Perancis dan Inggris nya pun sangat baik sehingga lulus seleksi. Sejak mulai kuliah di hari pertama dia memperhatikan bahwa sistem transportasi di Paris menggunakan sistem otomatis artinya Anda membeli tiket sesuai dengan tujuan melalui mesin.

Setiap pemberhentian kendaraan umum memakai cara self-service dan jarang sekali di periksa oleh petugas. Bahkan pemeriksaan insidentil oleh petugas pun hampir tidak pernah ada. Bukan karena manajemennya buruk, tetapi unsur trust atau kepercayaan dan tertib sosial di sistem transportasi Kota Paris memang sudah sangat baik.

Akhirnya lama-kelamaan si Mahasiswi tersebut menemukan kelemahan sistem ini dan dengan kecerdasannya dia bisa naik transportasi umum tanpa harus membeli tiket. Dan dia sudah memperhitungkan resiko untuk tertangkap oleh petugas karena tidak membeli tiket sangatlah kecil.

Sejak saat itu dia selalu naik kendaraan umum dengan tidak membayar tiket. Ia menganggap hal itu sebagai salah satu cara penghematan. Sebagai mahasiswa miskin  dengan cara apapun kalau bisa irit ya diirit. Dia bahkan merasa bangga karena di anggapnya itu sebagai kehebatan yang tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang.

Saat Kelulusan

4 tahun pun berlalu, perempuan muda itu pun tamat dengan Cumlaude dari fakultas favorit dan Universitas ternama di Paris dengan angka indeks prestasi kumulatif yang sangat bagus. Hal itu membuat dirinya penuh percaya diri, setelah wisuda Gadis itu pun mulai mengajukan aplikasi surat lamaran kerja ke beberapa perusahaan ternama di Paris.

Pada mulanya semua perusahaan yang di kirimi surat lamaran via email merespon dengan sangat baik karena ipk-nya yang tinggi dan lulusan Universitas top di Paris. Tetapi Beberapa hari kemudian semuanya menolaknya dengan berbagai alas an. Hal ini terus terjadi berulang-ulang.

Sampai akhirnya membuat Si Gadis merasa jengkel dan marah dia bahkan sampai menuding perusahaan-perusahaan itu rasis karena tidak mau menerima warga negara asing meski lulus cumlaude dari Universitas ternama di Paris. Akhirnya pada suatu hari Karena penasaran bercampur dongkol Dia memutuskan mengadukannya ke Departemen Tenaga Kerja Perancis yang ada di Paris.

Dia ingin berkeluh kesah sekaligus ingin tahu kenapa perusahaan-perusahaan tersebut menolaknya. Tetapi ketika bertemu dengan salah satu petugas di kantor Departemen Tenaga Kerja di Paris tersebut Ia mendapatkan penjelasan yang tidak ia duga. Berikut adalah dialog mereka:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *